Thursday, August 6, 2009

Pesawat Tergelincir, Pilot Tewas

Rabu, 5 Agustus 2009 | 04:04 WIB

Bangkok, Selasa - Sebuah pesawat tergelincir di landasan dan menabrak sebuah menara pengawas yang sudah tidak dipakai setelah mendarat di pulau wisata Koh Samui hari Selasa. Peristiwa itu menewaskan pilot dan mencederai 34 orang di dalamnya, menurut seorang pejabat.

Kopilot dan enam orang lainnya luka parah setelah pesawat Bangkok Airways mendarat dalam hujan lebat dan menabrak menara lama bandara itu, kata Kanikka Kemawutanond, Dirjen Penerbangan Sipil Thailand.

”Kerusakan berat ada di bagian depan pesawat tempat di mana pilot berada. Tampaknya dia terkena tabrakan itu,” kata Mayor Kolonel Polisi Sayan Sartsri, Selasa (4/8).

”Kopilot masih terjepit dan kami masih mencoba mengevakuasi dia dari pesawat,” kata Kanikka. Penumpang dan awak yang lain telah dievakuasi dan yang cedera dikirim ke lima rumah sakit di Koh Samui, katanya. Selain ketujuh orang itu, mereka menderita luka ringan.

Koh Samui, yang terletak 298 kilometer sebelah selatan Bangkok, adalah sebuah pulau di Teluk Thailand yang populer di kalangan turis asing.

Kanikka mengatakan, pesawat ATR72-500 twin-turboprop itu membawa 68 penumpang, 2 pilot, dan 2 awak lain. Pesawat itu Terbang dari Krabi, sebuah tempat wisata populer lainnya di Thailand selatan.

”Laporan-laporan awal menyebutkan bahwa cuaca buruk dengan hujan lebat dan angin kencang. Kami tidak tahu apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pilot yang menyebabkan insiden itu dan saya tidak akan berspekulasi,” katanya.

Tayangan televisi Thailand memperlihatkan pesawat itu menabrak menara pengawas lama, yang kini digunakan untuk tempat truk pemadam kebakaran.

Sebagian besar yang cedera adalah wisatawan. Staf rumah sakit mengatakan, dua wisatawan Inggris dan dua Belanda ada di antara yang cedera, tetapi tak seorang pun dari mereka luka parah.(AP/Reuters/AFP/DI)